You need to enable javaScript to run this app.

Bulan yang dinantikan. Ramadhan Penuh Berkah (Oleh: Ita Alfandiyah, S.Pd.)

  • Rabu, 29 Maret 2023
  • Administrator
  • 0 komentar
Bulan yang dinantikan. Ramadhan Penuh Berkah (Oleh: Ita Alfandiyah, S.Pd.)

Marhaban Ya Ramadhan
Alhamdulillabirabbil Alamiin kita dipertemukan lagi dengan bulan penuh rahmat dan hidayah, bulan penuh keberkahan juga ampunan, bulan yang ditunggu-tunggu yakni bulan suci Ramadhan..
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kesempatan kita untuk bertemu dengan bulan suci ini. Allah memberikan kesehatan kepada kita semua sehingga dapat melakukan amalan rukun islam ke-4 yaitu berpuasa.

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh kemuliaan seperti yang dijelaskan dalam surah Al Baqarah ayat 185

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ ۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَ ۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَ ۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ - ١٨٥

Artinya: "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al-Qur'an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

Di Madrasah Ibtidaiyah Al Mursyidah ini, kemeriahan dan juga antusias siswa-siswi menyambut bulan Suci Ramadhan sangat terasa. Kegiatan yang kita lakukan yaitu berziarah ke Muassis MI Al Mursyidah Mancilan yaitu K. Sanusi secara bersama-sama. Dilanjutkan dengan membagikan lembar kegiatan Ramadhan yang nantinya akan masuk pada penilaian spiritual. Dengan lembar kegiatan selama Ramadhan tersebut diharapkan siswa-siswi MI Al Mursyidah Mancilan lebih semangat dan disiplin dalam berpuasa.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Aziz Sunhadi, S. Ag.

- Kepala Sekolah -

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua....

Berlangganan
Banner